UKM PUNYA CERITA

Blognya Pelaku UKM seputar tips dan trik terbaru menjalankan bisnis dan blog review produk (ulasan)

Yuk, Kenalan dengan D’Jahe King Purwakarta

Yuk Kenalan dengan D'Jahe King Purwakarta

Yuk Kenalan dengan D'Jahe King Purwakarta

D'Jahe King adalah sebuah brand yang memproduksi Jahe Merah Instan berasal dari Purwakarta tepatnya di Kp. Cimanglid Desa Sukatani.

D’Jahe King adalah sebuah brand yang memproduksi Jahe Merah Instan dan Kunyit berasal dari Purwakarta tepatnya di Kp. Cimanglid Desa Sukatani. Apabila kita berbicara trend bisnis di 2021, sektor makanan dan minuman memang cukup tinggi potensi dan prospeknya.

Sehingga tepat sekali apabila Anda yang memiliki keinginan membangun bisnis lalu memilih sektor makanan dan minuman seperti yang dilakukan oleh Muhammad Zidane Firdaus (20 tahun) sampai sekarang terus menekuni bisnis tersebut bersama D’Jahe King.

Tim UKM PUNYA CERITA sudah bertemu dengan Kang Zidan (panggilan akrab untuk Muhammad Zidane Firdaus) beberapa waktu yang lewat saat pelatihan kewirausahaan bersama Balatkop di Bandung. Dan berikut sekilas wawancara kami dengan kang Zidan.

Alasan Memilih Bisnis Minuman Herbal

Saat ditanya mengenai alasan memilih bisnis jahe merah instan dan kunyit Instan, Kang Zidan menceritakan kalau hal tersebut salah satunya adalah melanjutkan bisnis keluarga.

“Karena meneruskan bisnis keluarga, membuka lapangan pekerjaan dan melihat peluang olahan jahe merah yang sangat tinggi di masa pandemi ini,” tegas Zidan.

D’Jahe mempunyai slogan, “Bukan Raja Jika Tidak Memberkan Rasa” ini diproduksi oleh Kartika Anugerah Nusantara yang sudah memasarkan produknya menggunakan kemasan alumunium foil dengan berat 200 gram. Pertama kali menggulirkan produk ke pasaran pada 30 Juni yang tentunya diperkuat oleh dukungan beberapa pihak.

“Yang sangat berperan dalam mendukung saya membuat produk jahe ini yaitu orang tua, guru dan teman- teman saya,” ujar Zidan.

D’Jahe Memiliki Agen di Beberapa Kota Selain Purwakarta

Berkat dukungan dan terus belajar, Zidan mampu bertahan menjalankan D’Jahe hingga hari ini. Walaupun produk jahe merah instan yang dimilikinya tidak memiliki cabang, Zidan kini sudah mengelola agen pemasaran di beberapa kota selain Purwakarta.

BACA JUGA:  Gratis! Pendaftaran Sertifikasi bagi Usaha Mikro

“Kami tidak memiliki cabang hanya memiliki agen di Purwakarta, Malang dan Bandung,” ujar Zidan yang masih kuliah di STIEB Perdana Mandiri Purwakarta, semester 4.

Awalnya Zidan melakukan pemasaran di lingkungan sekitar termasuk kepada gurunya, “Alhamdulillah guru saya (sekolah MA Al-Muthohhar – red) mendukung saya dalam menjalankan bisnis ini sehingga guru saya turut membantu untuk melakukan pemasaran sehingga tercetaklah agen di luar kota Purwakarta.”

Cerita D’Jahe Bisa Terbangun

Berawal dari mencari lapangan pekerjaan sampai akhirnya Zidan menjadi staff di sekolah tempatnya dulu mengenyam pendidikan.

“Namun hanya bertahan sebentar karena datang masa pandemi. Dan akhirnya saya memutuskan untuk berwirausaha dan memproduksi olahan jahe merah instan ini,” kenangnya.

Rencana Bisnis Selama Bulan Ramadhan

Tim UKM PUNYA CERITA sempat bertanya seputar rencana bisnis D’Jahe King yang akan dilakukan oleh Kang Zidan selama bulan Ramadhan 1442 H.

“Rencana saya di bulan Ramadhan insya Allah meluncurkan kemasan baru dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang juga terjangkau oleh masyarakat,” jawab Zidan dengan nada berpromosi.

Varian Rasa D’Jahe King

Saat ini D’Jahe King memiliki 2 varian, yaitu Jahe Merah Instan dan Kunyit Instan.

Dua Varian Rasa Minuman yang diproduksi oleh D'jahe king Purwakarta; Jahe Instan dan Kunyit Instan
Dua Varian Rasa Minuman yang diproduksi oleh D’jahe king Purwakarta; Jahe Instan dan Kunyit Instan

Cuman untuk kunyit instan saat ini masih saya kembangkan lagi agar tercipta minuman kunyit instan yang berkualitas tinggi,” tegas Kang Zidan mengakhiri ceritanya.