UKM Bandung yang Tergabung dalam Ekosistem Ninja Xpress Mendapat Fasilitas Digitalisasi Gratis

Berita UKM Bandung — Sebagai bentuk dukungan dalam pemulihan aktivitas ekonomi nasional serta bangkitnya kembali UKM Jawa Barat pasca pandemi Covid-19, Ninja Xpress melakukan akselerasi digitalisasi UKM Bandung lewat program-program pengembangan UKM dan layanan customized solutions di Creative Hub.

Lebih-dari-1.500-UKM-Bandung-Memanfaatkan-Fasilitas-Creative-Hub-Ninja-Xpress
Lebih-dari-1.500-UKM-Bandung-Memanfaatkan-Fasilitas-Creative-Hub-Ninja-Xpress | foto: istimewa

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membantu pelaku UKM mendongkrak penjualannya dengan cara beralih ke platform digital. Tidak bisa dipungkiri terhitung lebih dari 1.500 UKM sudah mengirimkan produknya melalui Creative Hub di Bandung.

Andi Djoewarsa selaku CMO Ninja Xpress menyebutkan saat dirinya melakukan kunjungan ke CO&CO Space di mana Creative Hub Ninja Xpress berada tempo hari (Kamis, 23/6). Walaupun pandemi Covid-19 telah menurun dan perekonomian kembali menggeliat, namun dunia bisnis nasional dan global masih dibayang-bayangi ketidakpastian ke depannya.

“Sehingga masih banyak tantangan yang dihadapi perlaku UKM agar mampu bangkit pasca pandemi. Dan digitalisasi merupakan jawaban atas tantangan tersebut, tapi tidak semua UKM langsung siap untuk beralih ke digital,” ungkap Andi.

“Selain adaptasi sumber daya untuk melakukan penjualan ke digital, pemasaran digital membutuhkan modal yang terbilang cukup besar. Sebab itulah, Ninja Xpress berinisiatif membantu percepatan digitalisasi UKM lewat Creative Hub kami di Kota Bandung,“ sambungnya.

Menurut data dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, terdapat 58.263 Pelaku UKM Jawa Barat kena dampak pandemi. Khusus di Bandung, sekitar 90% UKM Bandung terdampak buruk pandemi, seperti kesulitan beradaptasi saat melakukan penjualan online.

Ninja Xpress pun pernah merilis laporan “Suara UKM Negeri 2020” di dalamnya terungkap bahwa 57% UKM membutuhkan bantuan promosi digital menggunakan iklan melalui Facebook atau Instagram dan 56% menginginkan bantuan kolaborasi dengan influencer atau Key Opinion Leader (KOL) lewat media sosial untuk mempromosikan produknya.

Eri Nurjaman selaku Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, menyebutkan bahwa berdasarkan data 2020, hampir 80% para pelaku usaha khususnya entrepreneur sudah memasarkan produknya secara digital dan terdapat 40% transaksinya dilakukan secara digital semisal melalui QRIS dan sebagainya.

Eri Nurjaman - Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung
Eri Nurjaman – Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung | foto: Istimewa

25.000 Produk UKM Melakukan Sesi Foto dan Video Secara Profesional

Creative Hub Ninja Xpress hadir di Bandung pada Juli 2020 dan sudah lebih dari 25.000 produk UKM diambil foto dan videonya secara profesional. Hal ini memberikan kemudahan bagi UKM Bandung saat hendak memasarkan secara digital. Ada produk fesyen wanita dan pria, kecantikan dan kosmetik, serta food & beverages yang sudah diambil foto dan videonya di Creative Hub Bandung.

Plat D Konveksi dan Zallatra Memanfaatkan dengan Baik Fasilitas Creative Hub

Ada 2 Pelaku UKM Bandung yang paling sering melakukan pengiriman lewat Creative Hub, yaitu Plat D Konveksi dan Zallatra. Plat D Konveksi adalah UKM yang bergerak di bidang fesyen, mereka memiliki produk fesyen untuk wanita dan pria. Sedangkan Zallatra, di bidang feseyen namun mengkhususkan pada fesyen wanita.

UKM Bandung yang Tergabung dalam Ekosistem Ninja Xpress Mendapat Fasilitas Digitalisasi Gratis

Besarnya potensi UKM Jawa Barat terutama industri fesyen telah membawa nama daerah tersebut masuk sebagai daerah nomor 3 terbanyak pengiriman paket melalui Ninja Xpress sejak 2020. Creative Hub Ninja Xpress membantu digitalisasi UKM dengan cara:

  • mengiklannya baik online maupun offline,
  • pengambilan foto dan video profesional untuk pemasaran online,
  • kerjasama dengan influencer/KOL di media sosial,
  • bantuan pengelolaan media sosial,
  • pengembangan situs web, dan
  • penyelenggaraan events.

Secara gratis, semua UKM yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress berkesempatan mendapatkan fasilitas tersebut. UKM Bandung bisa datang berkunjung dan mendapatkan informasi berbagai fasilitas tersebut di CO&CO Space yang berada di bilangan jalan Dipati Ukur No.33, Kota Bandung.


BACA JUGA:

Inilah Layanan Andalan dari Lion Parcel

Tokopedia Melatih 200 UKM dan IKM Guna Mendukung BBI Lampung

Gojek Melatih 30 UKM di PLUT Sulawesi Selatan 

Manfaat QRIS (QR Code Indonesian Standar) bagi UKM

Google News

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: