UKM Bandung Harus Tahu 5 Program Pemprov Jabar Ini Agar Usahanya Bertumbuh

UKM Bandung Harus Tahu 5 Program Pemprov Jabar Ini Agar Usahanya Bertumbuh — Perkembangan ekonomi di Jawa Barat terbilang pesat baik dari sisi kreatifitas maupun nilai keekonomiannya.

Besarnya jumlah penduduk serta fasilitas yang menunjang mampu mendorong pelaku UKM berperan aktif dalam mewujudkan ekonomi kreatif. Tahun lalu (2021), produk-produk kreatif dari Jawa Barat menyita perhatian masyarakat dunia, contohnya saat hadir di Expo 2020 Dubai, produk-produk UKM khususnya Fesyen. Kondisi tersebut melatarbelakangi pertumbuhan perekonomian Jawa Barat.

Jawa Barat tercatat sebagai provinsi yang berkontribusi terbesar untuk bidang ekspor nasional sepanjang Januari hingga Juni 2021 dengan capaian sebesar US$16,08 miliar atau setara dengan 15,63% dari total ekspor nasional.

Lantas apa yang menjadi kunci keberhasilan Jawa Barat sehingga bisa berkiprah secemerlang tersebut? Jawabannya, sebab Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung. Sedikitnya ada 5 program pemerintah Jawa Barat sebagai realisasi dukungan kepada pelaku UKM Bandung khususnya dan kabupaten/kota lainnya.

UKM Bandung Harus Tahu 5 Program Pemprov Jabar Ini Agar Usahanya Bertumbuh

[1] UMKM Jabar Juara

Pada 2022, pemerintah provinsi Jawa Barat lewat program UMKM Jabar Juara menargetkan terciptanya 4 ribu pelaku UMKM Unggulan. Pada tahun ini, Program UMKM Jabar Juara menitikberatkan pada:

  • Penguatan akses pembiayaan,
  • Akses pasar, dan
  • Aspek legal.

Selain itu, program tersebut menargetkan pembentukan wirausaha Jawa Barat yang berkomitmen untuk menjadi juara di bidang bisnis. Adapun bentuk keigatan dari program ini, antara lain:

  • Pendampingan
  • Pelatihan
  • Perizinan
  • Penyediaan infrastruktur
  • Fasilitas pembiayaan
  • Promosi
  • Kemitraan dan standarisasi.

Dengan mengikuti program Jabar Juara, pelaku UKM Bandung akan memperoleh penguatan bisnis dan manajemen usaha guna mencapai UKM Naik Kelas dengan memanfaatkan teknologi dalam meraih pasar yang lebih luas.

Beberapa kegiatan utama UMKM Jabar Juara 2022 antara lain:

  • Evaluasi pendamping dan koordinator kabupaten/kota,
  • Koordinasi dengan dinas kabupaten/kota dan Bank BJB,
  • Kick Off Program UMKM Juara,
  • Pendampingan UMKM,
  • Temu bisnis di 27 kabupaten/kota,
  • Business to business off taker nasabah Bank BJB dengan UMKM Juara,
  • Gelar produk dan temu bisnis dan 
  • Fasilitasi pameran luar negeri.

Bagaimana Cara Mengikuti Program Jabar Juara?

Untuk Anda yang tertarik mengikuti Program UMKM Jabar Juara, silakan hubungi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta No.705, Kota Bandung. Alamat surat elektronik di umkmjuara@gmail.com. Follow akun Instagramnya @umkmjuarajabar

[2] One Pesantren One Product

Program berikutnya yang sudah Pemprov Jabar siapkan dalam upaya mendukung UKM Bandung adalah One Pesantren One Product (OPOP). Program ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat.

One Pesantren One Product
One Pesantren One Product

OPOP merupakan sebuah program kemandirian ekonomi berbasis pesantren yang memiliki target menciptakan kemandirian umat lewat para santri, masyarakat dan pondok pesantren sehingga bisa mandiri secara ekonomi, sosial serta mampu mendongkrak pengembangan keterampilan, teknologi produksi, distribusi, serta pemasaran.

Di tahun-tahun sebelumnya Program OPOP pernah mencatat adanya peningkatan omzet unit usaha pesantren sebesar 133%, dalam satu kali kegiatan temu bisnis terdapat peningkatan sebesar 21 juta. Pun dengan jumlah produk, dari 250 unit menjadi 500 unit, serta menyerap tenaga kerja sebanyak 4 orang. Untuk 2022 OPOP memiliki target peserta sebanyak 270 pesantren di Jawa Barat.

[3] Panon Jabar atau Program Pendanaan Online

Tujuan Program Pendanaan Online (Panon) yaitu mewujudkan ekosistem digital dan membuka peluang bagi UKM termasuk koperasi untuk mengikuti pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemda Provinsi Jabar.

UMKM dan Koperasi bisa dengan mudah mengajukan pendanaan yang diproses secara online. Tujuan lain dari Panon adalah untuk meningkatkan kualitas hasil pengadaan barang dan jasa, memberikan akses pendanaan modal kerja kepada UMKM dan koperasi dengan proses yang lebih cepat, efisien, serba digital dengan persyaratan yang lebih mudah.

Bagi UKM Bandung yang berminat dengan Program Pendanaan Online Jabar ini bisa mengunjungi portal resminya di https://lpse.jabarprov.go.id lalu buka menu Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan untuk memilih 3 aplikasi fintech yang telah diakui oleh LPSE. Proses selanjutnya, pengguna akan memilih nilai pinjaman dan program sesuai dengan proyek atau pekerjaan.

[4] Blanjakeun.Id

Fasilitas yang ke-4, sebagai bagian dari program Pemprov Jabar dalam mendukung pelaku UKM yaitu adanya toko offline Blanjakeun.Id. 2021 telah menggandeng 176 UKM lewat kurasi oleh Komunitas UMKM yang tergabung di dalam asosiasi.

Sementara hari ini sudah ada sekitar 200 pelaku UMKM, dam pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 5.000 untuk ongkos kirim dan Rp 10.000 untuk pelanggan yang berbelanja di Blanjakeun.Id. Target utamanya, Pemprov menginginkan ada 100 produk berikut brand terpajang di Blanjakeun.Id. karena saat ini baru ada 73 produk saja.

Bagi pelaku UKM Bandung yang berminat dengan Program Blanjakeun.Id bisa datang ke Bober Cafe yang beralamat di Jalan L.L.RE. Martadinata No. 123 (bilangan jalan Riau) Bandung atau bisa follow akun Instagram @blanjakeun.id.

[5] Aplikasi Kabayan

Kabayan adalah platform digital yang merupakan akronim dari Konsultasi Online Akses Pembiayaan, guna membantu UMKM Jawa Barat ketika hendak memutuskan dan memanfaatkan pembiayaan yang tepat.

Pelaku UKM Bandung bisa berkonsultasi dahulu sebelum memilih tipe pembiayaan yang sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki. Dalam aplikasi Kabayan terdapat sekitar 20 tipe pembiayaan yang disediakan.

Semua pembiayaan tersebut bekerjasama dengan beberapa mitra seperti, Bank BJB, BRI, BNI, Bank Mandiri, Kemitraan Kementerian, Biofarma, Jasa Raharja, Pertamina, dan Telkom.

Informasi mengenai Fasilitas Pembiayaan Melalui Kabayan, Anda daftar lewat Aplikasi KABAYAN melalu website atau smartphone OS Android dengan mengunduhnya lebih dahulu. Lalu, Anda melengkapi formulir yang dibutuhkan atau menghubungi surel: support@kabayanjabar.com atau jabarkabayan@gmail.com

Itulah program-program pemerintah Provinsi Jawa Barat yang cukup menginspirasi. Semoga program seperti tersebut di atas bisa menjadi contoh bagi siapa saja dan terus konsisten mendukung Pelaku UKM Bandung khususnya, dan Indonesia pada umumnya.


Berita Lain: Manfaat Media Sosial Bagi Pelaku UKM Bandung

Klik di sini untuk mendapatkan artikel dan pemberitaan via Google News.

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: