Tokopedia Melatih 200 UKM dan IKM Guna Mendukung BBI Lampung

Berita UKM Lintas Daerah: Lampung — Guna mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Lampung menunjuk Tokopedia untuk melatih UKM dan IKM sebanyak 200 peserta di event Lagawi Fest.

Tokopedia Melatih 200 UKM dan IKM Guna Mendukung BBI Lampung | foto Istimewa
Tokopedia Melatih 200 UKM dan IKM Guna Mendukung BBI Lampung | foto Istimewa

Pakai Produk Buatan Indonesia sesuai dengan Semangat Gernas BBI

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian menyampaikan apresiasinya atas upaya Tokopedia dalam mendukung Gernas BBI, khususnya melalui Lagawi Fest.

Dengan memberikan serangkaian pelatihan kewirausahaan kepada UMKM dan IKM Lampung, Tokopedia berkontribusi mendongkrak daya saing pegiat usaha di Indonesia, serta mendorong semua pengusaha menjadi raja di negeri sendiri.

“Kami juga mengimbau lebih banyak lagi masyarakat agar memakai produk buatan Indonesia sesuai dengan semangat Gernas BBI,” tegas Agus.

Tokopedia Berikan Pendampingan Literasi Digital

Astri Wahyuni selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia mengatakan Lampung memiliki potensi UMKM yang besar.

“Berdasarkan data internal Tokopedia pada kuartal pertama 2022 terjadi kenaikan transaksi produk UKM lokal sebanyak hampir 2,5 lipat pada halaman khusus kampanye BBI dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ungkap Astri.

Tokopedia semakin gencar, Astri melanjutkan – memberikan pendampingan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berusaha secara online bagi pelaku UKM dan IKM di Lampung.

Contoh dari Hasil Pelatihan

Contoh nyata dari pelatihan, After Beaute sebagai pelaku UKM terpilih mengikuti pelatihan dari Tokopedia dengan produk berupa lip cream nude laris berjualan di platform marketplace tersebut. Meskipun baru satu tahun merintis usaha, produknya sudah tembus hingga Manokwari.

Contoh lain terjadi pada BeeMe Indonesia, UKM yang bergerak di bidang perawatan kecantikan ini memasarkan produk berbahan dasar alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui serta diklaim aman bagi bayi.

Di dalam usahanya memasarkan produk, BeeMe dinilai sukses memberikan edukasi peternak lebah di Lampung agar mengetahui manfaat lilin lebah untuk perawatan kulit.

Pada kesempatan yang sama, dari kalangan IKM, Suhita Bee Farm industri yang memproduksi madu berkualitas ini telah berhasil memasarkan produknya cukup mengandalkan penjualan online di Tokopedia.

Suhita Bee Farm merasa pemasaran online Via Tokopedia membuat pengiriman barang dan penanganan masalah lebih praktis.

Tokopedia Menyediakan Halaman Khusus Bangga Lokal di Aplikasinya

UKM dan IKM pilihan dariLampung mendapatkan fasilitas ekslusif dari Tokopedia seperti landing page atau halam khusus BBI Lagawi Fest Lampung. Selain itu, Tokopedia membantu IKM dan UKM agar mampu menjangkau pasar dan meningkatkan penjualannya dengan menyediakan halaman khusus produk unggulan Lampung yang terkurasi dan dapat diakses lewat laman Bangga Lokal di aplikasi Tokopedia.

Astri menambahkan Tokopedia pun telah mendorong pemasaran bai IKM dan UKM Lampung lewat berbagai inisiatif Hyperlocal semisal Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Lampung dan Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba).

“Tokopedia berharap penjual dapat meningkatkan awareness terhadap keunggulan produk lokal Lampung,” ucap Astri.

“Sedangkan untuk calon pembeli dapat menikmati produk dengan harga terjangkau, mulai dari Rp.1000, diskon ongkir GoSend, beli banyak gratis hadiah, hingga cashback Rp15.000,” tegas Astri.

Tokopedia Membuat MoU dengan Pemprov Lampung

Tokopedia lanjut Astri, sudah menjalin nota kesepahaman atau MoU dengan Pemprov Lampung. Hal tersebut membuktikan, Tokopedia berkomitmen bersinergi dengan pemerintah memajukan UKM dan IKM di Lampung.

“Dengan menjalin kerjasama bareng pemerintah, tujuan menjangkau pasar lebih luas dan agar naik kelas bisa terwujud,” imbuh Astri.

Pemerintah provinsi Lampung pun mendukung penuh peran Tokopedia dalam membantu memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha serta mempromosikan produk lokal Lampung.

“Hal ini sejalan dengan tujuan dari pemerintah untuk memperkenalkan berbagai produk lokal berkualitas di provinsi Lampung,” kata Gubernur Arinal Djunaidi.

“Tentunya potensinya sangat tinggi agar dikenal dan dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, kami jugaberharap inisiatif ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi Lampung untuk mewujudkan Lampung berjaya,” pungkas Arinal Djunaidi.

Apa itu Lagawi Fest?

Di dalam portal resminya, dijelaskan seputar Lagawi Fest.

Lagawi adalah nama yang menjadi simbol representatif untuk sebuah festival dengan misi untuk menyebarkan semangat dan mendongkrak pergerakan industri lokal di provinsi Lampung yang di gagas oleh Kementrian Perindustrian Indonesia.

Nama Lagawi lahir dari beberapa gabungan unsur kata yaitu “Lampung Bangga Wirausaha Industri”. Asosiasi dari kata-kata tersebut menjadikan simbol kuat yang mewakili misi dari Festival Lagawi ini.

Unsur “Gawi’ dalam nama Lagawi juga diambil dari kata Begawi atau yang kerap disebut dengan istilah lengkap Begawi Cakak Pepadun yang merupakan upacara adat masyarakat provinsi Lampung untuk memberikan gelar adat kepada seseorang yang dimana kita turunkan disini bahwa Lagawi Festival juga bertujuan untuk menobatkan provinsi Lampung dengan gelar “Lampung Bangga Wirausaha Industri”.

Dengan keragaman dan potensi produsen lokal yang ada di Lampung, Lagawi Festival berkomitmen untuk menciptakan wadah yang layak untuk para pelakuvindustri di Lampung berinovasi dan berkembang menjadi industri yang lebih maju dan dengan bangga mewakili keragaman budaya dan kekayaan Indonesia.


BACA JUGA: 20 UKM Pilihan Mendapatkan Pendanaan untuk Pengembangan Bisnis dari Bizhare.Id yang bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM

Klik di sini untuk mendapatkan artikel dan pemberitaan UKM Indonesia di Google News.

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: