Raosflossroll Kini Hadir dengan Berbagai Varian

Berita UKM Lintas Daerah — Raos Flossroll adalah roti gulung yang sering kita lihat selama ini. Namun yang jadi pembeda, roti gulung ini dikombinasikan dengan abon ayam.

[1] RaosFlossRoll

Adalah roti abon gulung yang empuk teksturnya dengan abon ayam yang berlimpah. Produk UKM Purwakarta ini pernah mendapatkan predikat sebagai Produk Unggulan UMKM Juara Jabar 2020. Mujada selaku owner mengklaim bahwa Raosflossroll adalah produk roti abon gulung pertama di Purwakarta dan menjadi ikon baru sebagai Oleh-Oleh Khas Purwakarta.

Berita Perkembangan Produk Makanan Roti Gulung Abon Ayam merek Raosflossroll UKM Purwakarta
Berita Perkembangan Produk Makanan Roti Gulung Abon Ayam merek Raosflossroll UKM Purwakarta

Di awal merintis, Raosflossroll hanya menggunakan kemasan mika polos tanpa merek dagang.

“Itu pun kecil, kemasan untuk 5 potong saja,” ucap pria ramah berkacamata ini.

Kini, seiring berjalannya waktu dan diikuti dengan permintaan pasar ditambah lagi mengikuti anjuran para mentor bisnis – Roti Raosflossroll memiliki 3 varian kemasan.

“Ada kemasan kecil untuk isi 5 pcs, kemasan mini isi 6 pcs dan kemasan besar isi 10 pcs,” ujar Mujada.

“Dengan varian rasa, ada ayam original dan ayam pedas,” tambahnya.

Raosflossroll diracik menggunakan bahan pilihan, halal dan tanpa bahan pengawet. Di dalam suhu ruang, kudapan empuk dan gurih ini bisa tahan hingga 4 hari lamanya. Sedangkan bila disimpan di dalam lemari pendingin mampu bertahan hingga 7 hari.

Mujada boleh berbangga dan bahagia karena sekarang Raosflossroll telah mengantongi legalitas PIRT, Halal, dan tercatat di HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Dan ke depannya, Mujada memiliki rencana menambah varian rasa Raosflossroll Rasa ABon Sapi dan Marangi. Dan dari sisi teknis pemasaran, Raosflossroll akan melakukan kreasi dan inovasi agar produknya bisa awet tanpa bahan pengawet, dan memperluas lagi jangkauan pemasarannya.

[2] Raosflossroll KRESS

Dari hasil pengalaman dengan produk pertama, Raosflossroll – masa kadaluarsa yang pendek, akibatnya produk tersebut kurang dalam hal jangkauan pemasaran. Produk tersebut hanya mampu dikirim ke luar kota menggunakan ekspedisi yang memiliki layanan kilat saja.

Mujada pun harus pasrah dengan keadaan Raosflossroll tidak bisa dikirim ke luar pulau yang padahal permintaan pasarnya sangat potensial.

“Kami tidak bisa mengirim Rasoflossroll ke luar pulau, padahal ada konsumen yang membawa oleh-oleh Raosflossroll saat pulang dari Purwakarta,” ucap Mujada.

“Ketika yang mencicipi produk kami ingin order lagi, kami tidak bisa melayani karena khawatir basi saat di perjalanan,” tambahnya.

Akhirnya, Mujada dan tim memutar ide dan memikirkan bagaimana caranya agar Raosflossroll bisa awet tanpa bahan pengawet.

Di akhir 2021, Mujada meluncurkan produk baru untuk menjawab keresahannya selama ini yang diberi nama Raosflossroll KRESS. Sebuah inovasi produk cemilan roti abon kering yang renyah dengan abon yang berlimpah.

Dari hasil ide dan pemikiran, Raosflossroll KRESS berhasil menemukan cara kadaluarsanya mampu tahan lama. Melalui pengecekkan angka kandungan gizi (AKG) dan hasil uji laboratorium Universitas Pasundan Bandung, menyatakan produk Raosflossroll KRESS tahan hingga 356 hari lamanya. Sekarang, produk ini telah dikirim ke Pontianak, Makassar, Lampung dan Singapura.

“Raosflossroll KRESS memiliki dua varian rasa; original, pedas. Dan varian kemasan menggunakan pouch untuk yang 90 gram dan toples untuk yang 180 gram,” tegas Mujada.

Raosflossroll KRESS inovasi pengembangan usaha bisnis makanan dari Mujada UKM asal Purwakarta
Raosflossroll KRESS inovasi pengembangan usaha bisnis makanan dari Mujada UKM asal Purwakarta

Saat ini terkait Raosflossroll KRESS mereka masih terus melakukan penyempurnaan desain kemasan dan logo. Mereka menginginkan kemasannya menarik dan enak dilihat agar menyedot perhatian konsumen. Rencananya, produk tersebut mengubah kemasan dari pouch menjadi dus dan untuk toples ukuran 800 ml dan 1000 ml.

[3] Raosflossroll NGEPROSS

Varian berikutnya adalah Raosflossroll Ngepross, produk yang bisa menjadi pilihan pelanggan. Setelah berhasil dengan produk sebelumnya, Raosflossroll KRESS yang terbukti mampu tahan lama. Mujada tidak merasa puas hingga sampai di sana hingga sampai pada 2022 awal, mereka mengeluarkan produk baru yang kering yang dinamai dengan Raosflossroll NGEPROSS.

Hasil inovasi dari Raosflossroll NGEPROSS, menurut Mujada terbukti produknya mampu lebih mengembang dan teksturnya lebih renyah daripada Raosflossroll KRESS. HPP-nya pun mereka tekan lebih rendah.

“Dan dari segi harga ramah di kantong, bisa bersaing dengan produk cemilan lainnya,” ungkap Mujada.

Hal lainnya yang cukup inovatif dari Raosflossroll NGEPROSS ini sudah menggunakan 2 bahasa; Indonesia dan Inggris. Harapannya, belajar dan persiapan ekspor.

“Jika situasi dan kondisinya tepat, kami bisa ikut program ekspor ke mancanegara,” harap Mujada.

Raosflossroll NGEPROSS inovasi pengembangan usaha bisnis makanan dari Mujada UKM asal Purwakarta
Raosflossroll NGEPROSS inovasi pengembangan usaha bisnis makanan dari Mujada UKM asal Purwakarta

Saat ini NGEPROSS telah mulai tersebar di wilayah Purwakarta dengan cara titip di toko-toko kue dan makanan sambil terus berproses memasuki pasar ritel. Kemasannya berupa pouch dengan bobot 75 gram, varian rasa original dan pedas.

“Insya Allah kami tengah merencanakan penambahan varian rasa baru yaitu ebi,” tambahnya.

Profil Mujada Owner Raos Flossroll

Mujada menjalankan bisnisnya ini di bawah bendera Nusa Indah Cake & Cookies. Di awal merintis usaha, mereka hanya melayani pesanan snack dan nasi kotak. Dan di 2020 barulah serius dengan produk unggulan Raosflossroll. Di dalam tulisan kami yang pertama tentang Pelaku UKM Purwakarta, Raosflossroll sudah kami tayangkan – Anda bisa membacanya di sini.


BACA JUGA: Awal Nama Usaha Nusa Indah Cake & Cookies

Berita dan Informasi lainnya bisa Anda dapatkan diĀ Google News.

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: