Nasarudin Rabo: Bank Indonesia Komitmen Membina dan Mengembangkan Potensi UMKM di Maluku Utara

Berita UKM Lintas Daerah: Maluku Utara –Bersama Perwakilan Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara (Malut) mengikutsertakan 150 kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna mendapatkan program pendampingan untuk menjadi wirausaha dan petani unggulan.

Nasarudin Rabo selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Malut mengatakan sebanyak 150 orang kelompok UMKM dan petani Maluku Utara mengikuti lanjutan program pengembangan dan pendampingan UMKM di Ternate, Jumat (24/6).

Bank Indonesia Komitmen Membina dan Mengembangkan Potensi UMKM di Maluku Utara

“Penyelenggara acara ini adalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Maluku Utara, kami sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia yang selalu komitmen membina dan mengembangkan potensi UMKM di Maluku Utara,” tegas Nasarudin.

Nasarudin pun menyebutkan bahwa dengan memberdayakan UMKM, KPw BI Maluku Utara telah mengambil langkah strategis.

“Guna mengerakkan kegiatan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis,” ungkap Nasarudin.

Eksistensi dan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia, Nasarudin melanjutkan – berdampak nyata dalam kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja, pembentukan produk domestik bruto, serta investasi.

Nasarudin Rabo: Bank Indonesia Komitmen Membina dan Mengembangkan Potensi UMKM di Maluku Utara
Ilustrasi Potensi UMKM di Maluku Utara | Photo by mentatdgt on Pexels.com

Program Pendampingan Relevan dengan Tantangan yang Dihadapi Pelaku UKM Maluku Utara

UMKM saat ini tengah menghadapi permasalahan yang memengaruhi perekonomian daerah maupun nasional. Beberapa permasalahan yang kerap UKM hadapi, antara lain:

  • Rendahnya kapasitas SDM dalam kemampuan manajerial.
  • Keterbatasan modal, kemampuan mengakses sumber daya produktif serta Pemasaran

Program tersebut hadir sebagai realisasi dari pemerintah yang bertugas guna menguatkan fundamental ekonomi nasional sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Acara yang terselenggara berkat kerjasama yang baik antara KPw BI Maluku Utara dengan Integrated Mindset, Unique, and Talent Spiritual (IMUTS) Pelatih Indonesia ini melakukan penilaian.

Peserta pun antusias saat meyakinkan para assesor bahwa mereka layak menjadi pengusaha daerah serta mampu mendongkrak ekonomi lokal di masa datang.

R. Eko Adi Irianto, selaku Kepala KPw BI Malut mengatakan peserta akan diberikan seminar dan proses assesmen setelah kegiatan usai.

“Orientasinya nanti bukan sekadar produk melainkan menjadikan peserta sebagai pengusaha,” ucap Eko.

Sehingga nantinya assesor akan menilai peserta apakah sudah menjadi pelaku UKM yang memiliki jiwa kewirausahaan dan pola pikir yang tepat atau belum.


BACA JUGA: Sosialisai Promosi Pemasaran Melalui Internet untuk UMKM se-Kota Banjarmasin

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: