Inilah Istilah-Istilah dalam Bidang Digital Marketing

Digital Marketing adalah kegiatan berusaha menjangkau konsumen dengan memanfaatkan perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. Atau Hubspot menyebut, semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet. Setidaknya ada 5 (lima) komponen penting dalam menjalankan digital marketing; website, media sosial, chat messenger, marketplace, dan Google Business Profile.

Istilah-Istilah dalam Bidang Digital Marketing ini baru sebagian saja, Anda bisa mencari lebih banyak lagi di banyak sumber yang ada di internet.

Inilah Istilah-Istilah dalam Bidang Digital Marketing

CTA atau Call To Action

Adalah hasil akhir dari upaya penjual atau penyedia jasa saat menawarkan bisnisnya atau produknya sehingga pelanggan melakukan transaksi. CTA lazim diletakkan pada bagian akhir sebuah penawaran.

SEO atau Search Engine Optimization

SEO akan menentukan keberadaan bisnis kita di mesin pencarian, misalnya Google. Agar bisa tampil dan ditemukan oleh pelanggan yang membutuhkan jasa atau produk yang kita jual, kita mengoptimalkannya yang dikenal dengan istilah search engine optimization.

Engagement Rate

Ukuran keterikatan atau engagement rate. Istilah ini berhubungan erat dengan media sosial yang kita pergunakan saat mempromosikan produk atau jasa yang kita kelola. Alat ukurnya bisa jumlah komentar, share dan like.

Convertion

Konversi atau convertion adalah jumlah dalam prosentase audiens yang mengunjungi halaman website bisnis kita. Jumlah % tersebut menjadi tolok ukur keberhasilan usaha yang tengah dijalankan.

Influencer

Influencer bisa dibilang sebuah profesi, beberapa diantaranya; blogger, YouTuber, TikToker dan lain-lain.
Influencer bisa dibilang sebuah profesi, beberapa diantaranya; blogger, YouTuber, TikToker dan lain-lain. || Photo by Liza Summer on Pexels.com

Pembawa pengaruh atau influencer adalah orang yang memiliki kemampuan memengaruhi audiens agar mengenal produk atau jasa yang sedang ditunjukkannya. Cara influencer menunjukkan produk atau jasa bisa hard selling atau soft selling.

Influencer bisa dibilang sebuah profesi, beberapa diantaranya; Blogger, YouTuber, TikToker dan lain-lain. Mengukur keberhasilan influencer bisa dengan mudah didapatkan dari nilai convertion, engagement rate yang terakumulasi.

Itulah sekilas informasi tentang Istilah-Istilah dalam Bidang Digital Marketing. Semoga bisa menambah wawasan bagi Anda yang tengah belajar bisnis online.


BACA JUGA: 90% Pelanggan Berawal dari Melihat Foto di Google My Business

Berita dan Informasi lainnya bisa Anda dapatkan di Google News.

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: