Gojek Melatih 30 UKM di PLUT Sulawesi Selatan Mengambil tema, “Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal Bagi Koperasi”

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama ekonomi nasional, kenapa? Karena terbukti memberi kontribusi 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2021 saat masih pandemi.

Di masa pandemi UMKM jamak yang bertahan berbisnis, faktor penentunya tidak lain adalah dengan Go Digital. Sehingga UMKM yang eksis berbisnis menjadi kunci dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Bersama Gojek, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan akselerasi digitalisasi pelaku UMKM. Serta mengajak pula Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, BPJPH Kementerian Agama, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar pelatihan pemsaran digital serta proses pendaftaran menjadi mitra usaha GoFood.

Gojek Melatih 30 UKM di PLUT Sulawesi Selatan

Dengen jumlah peserta sebanyak 30 pelaku UKM, Ekosistem Gojek diharapkan bisa membantu pendapatan pelaku usaha. Pelatihan tersebut diselenggarakan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan pada Jumat (24/6).

Pelatihan yang mengambil tema, “Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal Bagi Koperasi” Dengan harapan Gojek bisa memberikan pelatihan pemasaran digital serta proses pendaftaran menjadi mitra usaha GoFood.

Pemanfaatan teknologi dan non teknologi solutif tersebut mendapat dukungan dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, Malik Faisal.

“Kami mendukung penuh acara ini guna mempercepat pemulihan ekonomi,” ucap Malik.

Hal ini memang tidak mudah karena UKM menghadapi tantangan seperti; kesiapan, baik dari sisi produk maupun Sumber Daya Manusianya. Selain itu, guna mendongkrak literasi, pelaku UKM perlu masuk ke dalam ekosistem digital dan inkubasi guna mengakselerasi wawasan dan skill.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar penentu kebijakan termasuk dengan platform digital lainnya,” sambung Malik.

Untuk itu, Pemerintah khususnya Dinas Koperasi UKM Sulawesi Selatan mengapresiasi kepada Gojek atas konsistensinya mendukung UKM terus bertumbuh.

UMKM dan wirausaha mencanangkan berbagai dukungan untuk membangkitkan kembali sektor UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dan Gojek adalah salah satu mitra Kementerian Koperasi dan UKM dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui edukasi dan pelatihan digital bagi UMKM.

Senior Manager Public Policy and Government Relation Gojek, Mohammad Khomeiny mengatakan situasi pandemi yang masih berlangsung memberikan tantangan bagi UMKM Indonesia agar bisa bertahan.

Sudah menjadi misi utama Gojek mendorong kemajuan UMKM sejak awal berdiri.

“Hal ini kami wujudkan melalui komitmen Gojek untuk mendukung pelaksanaan pelatihan UMKM dan fasilitasi onboarding ke dalam ekosistem Gojek,” ungkap Mohammad.

Ilustrasi pelatihan UMKM dan fasilitasi onboarding ke dalam ekosistem Gojek | Photo by Pixabay on Pexels.com
Ilustrasi pelatihan UMKM dan fasilitasi onboarding ke dalam ekosistem Gojek | Photo by Pixabay on Pexels.com

Mohammad meneruskan, UMKM memerlukan pendapingan sejak mulai bergabung hingga ketika telah berjualan online dalam bentuk edukasi dan pengembangan kapasitas untuk optimalisasi pertumbuhan usaha.

“Lewat solusi digital dan wadah edukasi Gojek, kami berharap dapat terus menjadi mitra dan solusi UMKM untuk terus bertumbuh dan bangkit bersama,” tegas Mohammad.

Sumarni, pelak UMKM pemilik usaha Gula Aren Manisku menyampaikan setelah mengikuti pelatihan.

“Saya mendapat informasi mengenai cara penggunaan aplikasi GoBiz dan tips-tips untuk meningkatkan penjualan melalui aplikasi Gojek,” ucap Sumarni

“Dengan adanya pelatihan ini saya kini mampu memahami dan ingin sekali mengimplementasikan ke dalam bisnis yang saya rintis ini,” pungkasnya.


BACA JUGA:

Sosialisasi Promosi dan Pemasaran Melalui Internet untuk UMKM se-Kota Banjarmasin 

20 UKM Pilihan Mendapatkan Pendanaan untuk Pengembangan Bisnis dari Bizhare.Id yang bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM

Tokopedia Melatih 200 UKM dan IKM Guna Mendukung BBI Lampung

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: