BRIncubator Cara BRI Mempersiapkan UMKM Go Global

Berkolaborasi bersama Kementerian Riset dan Teknologi dan Kementerian Koperasi dan UMKM Bank BRI (BBRI) melalui program BRIncubator Go Global memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM binaan BRI agar siap menghadapi transformasi bisnis di era industri digital 4.0.

Melalui coaching digital, BBRI pun mengajak ribuan pelaku UMKM dari seluruh Indonesia. Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza Gunarto pernah menegaskan bahwa BRIncubator Go Global sendiri merupakan program BRI yang bertujuan mempersiapkan pelaku UMKM binaan Rumah BUMN BRI yang terseleksi, untuk langsung mentransformasi dan mendigitalisasi bisnis mereka di era industri 4.0.

“Kami yakin BRIncubator mampu menjadi motor penggerak dan pendorong kemajuan bisnis UMKM di negeri ini dan melahirkan pelaku usaha yang berdaya saing tinggi, memiliki nilai jual, serta mampu bersaing secara global,“ ucap Aestika.

Bisa kita tarik kesimpulan BRIncubator merupakan program nyata sebagai salah satu komitmen BRI dalam pemberdayaan bagi pelaku UMKM secara reguler setiap bulan. Dan program ini pun sebagai sarana pengenalan aplikasi skoring UMKM Naik Kelas.

Sejarah BRIncubator di Bandung

Di Bandung, tercatat bahwa BRIncubator untuk pertama kalinya launching 4 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada 3 Oktober 2018. Waktu itu, yang menjadi fokus dalam inkubasi yaitu menyeleksi pelaku UMKM yang mengelola bisnis sektor pariwisata, pertanian subsektor kuliner, fashion, dan kriya. Mendorong setiap UMKM agar lebih terstruktur berbasis teknologi serta mampu menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia khususnya di Bandung dan sekitarnya.

BRIncubator Goes To Cluster

Dan di 2022 pun Rumah BUMN Bandung selaku penyelenggara, berusaha terus mengupayakan agar BRIncubator bisa terus bergulir. Salah satunya, menyelenggarakan BRIncubator Goes To Cluster, pada 25 Agustus 2022 (Hari Kamis) – sebuah acara webinar (lewat Zoom) berupa Pelatihan.

Rumah BUMN Bandung selaku penyelenggara, berusaha terus mengupayakan agar BRIncubator bisa terus bergulir. Salah satunya, menyelenggarakan BRIncubator Goes To Cluster.

Pelatihan Optimalisasi Google Business Profile untuk Bisnis UMKM

Sebagai upaya mewujudkan komitmen program BRIncubator Go Global, Rumah BUMN Bandung mengajak pelaku UKM yang menjadi binaannya untuk melakukan pemanasan sebelum ada yang terpilih masuk dalam inkubasi program BRIncubator.

Pelatihan Optimalisasi Google Business Profile untuk Bisnis UMKM pun menjadi salah satu agenda bagi BRIncubator Goes To Cluster. Harapannya, dengan pelatihan tersebut, para UMKM binaan Bank BRI semakin cakap digital terutama pemanfaatan Google Business Profile.

Dan yang menjadi pemateri pada Pelatihan Optimalisasi Google Business Profile nanti adalah Adetruna. Kang Ade (panggilan akrab-red) adalah seorang praktisi bisnis online khususnya Google Business Profile. Beliau akan berbagi dan bercerita tentang pengalamannya dalam mengoptimalkan bisnis di internet sehingga warganet bisa menemukan bisnis yang kita kelola dengan mudah.

“Setidaknya, kita mampu memperkenalkan bisnis yang kita kelola kepada pengguna internet, terutama di penelusuran dan maps Google,” tutup Adetruna.


BACA JUGA: Mengenal Mitra Agung Si Raja

admin

UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

https://ukmbandung.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: