Ada Pajak e-Commerce Mulai 1 April 2019

Ada Pajak e-Commerce Mulai 1 April 2019 – Pembaca tidak lama lagi pemerintah akan memberlakukan pajak bagi pelaku bisnis online. Kebijakan ini diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik (e-commerce).

Ada Pajak e-Commerce Mulai 1 April 2019

Dalam infografik yang beredar belum lama ini ditulis, bahwa Pajak e-Commerce segera berlaku, taati agar Indonesia makin Maju!

Poin lain yang ditegaskan oleh pemerintah melalui informasi gambar yang beredar menyebutkan bahwa pajak e-commerce berlaku mulai 1 April 2019. Pedagang online wajib memiliki NPWP.

Pajak yang diberlakukan antara lain; PPN, PPnBM dan PPh. Wajib pajak membayar PPh Final sebesar 0,5% jika omset tidak melebihi Rp4,8 milar per tahun.

Ada Pajak e-Commerce Mulai 1 April 2019

Ada 4 (empat) poin penting yang menjadi tujuan pemerintah dengan pajak e-commerce nanti, yaitu:

  1. Peraturan ini bertujuan untuk mengumpulkan database mengenai e-Commerce yang nantinya akan dianalisa guna mengevaluasi perkembangan e-Commerce di Indonesia. 
  2. Dengan adanya pengaturan dan payung hukum yang jelas dalam melindungi konsumen, diharapkan konsumen dan pedagang akan beralih dari sosial media ke platform e-Commerce. 
  3. Memberikan kemudahan data pelaporan oleh penyedia platform marketplace. 
  4. Peraturan ini bisa mempermudah proses impor pengiriman barang e-Commerce.

Hal lain yang disinggung oleh Pemerintah dalam penyebaran informasi pajak e-commerce yaitu menuliskan, “Dengan jadi penjual online taat pajak, kamu ikut membangun bangsa, lho. Keren, kan?”

    Ikuti kami di Instagram @ukmpunyacerita
    admin

    UKM BDG adalah blog yang mempunyai cerita tentang UKM dari UKM untuk UKM dan kini semakin berkembang sebagai portal berita termasuk sosialisasi, promosi dan edukasi seputar UMKM Indonesia.

    https://ukmbandung.com

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: